Pengumuman UN SMA 2010

Pengumuman Kelulusan SMA 2010, Sebanyak 133.866 siswa peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK tengah harap-harap cemas. Pasalnya, besok, Senin (26/4) pengumuman kelulusan akan dibagikan melalui pos ke rumah mereka masing-masing.

Hasil UN SMA 2010, Bukan hanya melalui surat namun pengumuman kelulusan juga dapat diakses melalui alamat website sekolah masing-masing. Hal tersebut diungkapkan Yusen Hardiman, Kepala Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI, membenarkan bahwa pengumuman hasil ujian untuk tingkat SMA/SMK akan serentak dibagikan pada Senin. “Diharapkan surat pengumuman tersebut dapat diterima para siswa pada pagi hari,” ujar Yusen, Minggu (25/4).

Ditambahkan Yusen, apapun hasil ujian yang diperoleh, para siswa diminta tidak cemas. Pasalnya untuk tahun ini tidak ada istilah lulus dan tidak lulus. Melainkan berhasil dan belum berhasil. “Jika memang belum berhasil, para siswa diberikan kesempatan untuk lakukan ujian ulang,” sambungnya. Rencananya ujian ulang akan dilangsungkan 10-14 Mei 2010.

Lebih lanjut Yusen mengatakan, terkait pengumuman, hal itu diserahkan pada kebijakan sekolah masing-masing. Namun pada umumnya pengumuman diberikan melalui surat dan website sekolah masing-masing.

Secara terpisah, Lukman, siswa SMA 53 Jakarta Timur, mengaku tengah cemas menunggu pengumuman kelulusan. Namun berbeda dari lainnya, untuk sekolahnya akan mengumumkan kelulusan melalui surat elektronik (e-mail) ke masing-masing siswa. “Katanya pengumuman sudah dapat diterima siswa pada pagi ini,” ujar Lukman yang mengaku alamat e-mail siswa telah dikumpulkan pihak sekolah sesaat setelah UN berlangsung.

Kecemasan seluruh siswa tingkat SMA/SMK beralasan. Terelebih sebelumnya Kementerian Pendidikan Nasional melansir di DKI untuk tingkat SMA sebanyak 5.426 tau 9,09 persen siswa harus mengulang ujian.

Sementara itu data Disdik DKI, mencatat untuk tahun ini prosentase kelulusan tingkat SMA mencapai 90,672 persen. Dengan rincian Jakarta Pusat sebesar 83,547 persen, Jakarta Utara dan Kepulauan seribu 83,340 persen, Jakarta Barat 95,250 persen, Jakarta Selatan 92,099 persen dan Jakarta Timur 92,817 persen.

Sedangkan untuk tingkat SMK tingkat kelulusan mencapai 92,18 persen. Dengan rincian Jakarta Selatan 93,70 persen, Jakarta Timur 92,99 persen, Jakarta Barat 95,93 persen, Jakarta Utara 86,06 persen dan Jakarta Pusat 86,22 persen.

Terkait pengumuman kelulusan, Taufik Yudhi Mulyanto, Kepala Disdik DKI, mengimbau pihak sekolah untuk mengantisipasi beberapa hal. Diantanya aksi mencoret baju dan konvoi di jalan yang kerap dilakukan siswa usai dinyatakan lulus. “Untuk siswa yang belum lulus, setiap sekolah wajib mengadakan bimbingan dan pendalaman materi tanpa terkecuali,” tegas Taufik.
Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment