Belajar ngeblog di blogspot setelah cukup lama kita menginginkan migrasi dan mendaftarkan domain serta menyewa hosting diperlukan beberapa tips saat memilih hosting.
  1. Dapat diandalkan, Web Server yang sudah disewa harus dapat selalu diakses dengan kecepatan baik. Waktu berfungsinya (uptime) juga harus terjamin. Minimal 99,5 % waktu dalam satu tahun Web Server harus dapat diakses. Perhatikan siapa tahu pemberi layanan bersedia memberikan potongan harga jika server mereka mengakibatkan situs tidak dapat diakses.
  2. Kuota Transfer Data, Kuota transfer data sering juga disebut trafik / trafficc bisa juga "bandwitdh' adalah jumlah byte yang ditransfer dari blog / situs web ke orang yang mengunjungi blog / situs web. Browser (Internet Explorer, Firefox, Netscafe dan lainnya) milik pengunjung akan mengunduh beberapa file milik blog / situs web. Jumlah data yang ditransfer dari web server ke komputer pengunjung biasanya dibatasi. Misalnya sebuah layanan membarikan quota 1 GB per bulan. Semakin banyak pengunjung ke blog / situs web tersebut semakin cepat kuota 1 GB itu habis. Kalau dalam 1 bulan data yang ditransfer lebih dari 1 GB, setiap MB akan dikenai biaya. Beberapa layanan bahkan memblok akses ke blog / situs web tersebut.
  3. Ruang, Blog / situs web dibangun dari berbagai file. Ukuran totalnya bisa bervariasi, tergantung elemen pembangun : gambar, teks, animasi, dan elemen lainnya. Perhatikan jumlah ruang yang disewakan dan bandingkan dengan harganya. Biasanya paket awal menawarkan ruang server sebesar 20 MB.
  4. Dukungan Teknis, dukungan teknis ini jangan dianggap remeh, suatu ketika kalau terjadi sesuatu terhadap web server, petugas dukungan teknis inilah yang harus bisa dihubungi. Amat baik kalau petugas dukungan teknis ini siap sedia membantu 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jangan siap sedia menerima keluhan saja, si petugas juga harus bisa memberikan solusi.
  5. Instalasi Fitur Tambahan, Beberapa pemberi layanan web hosting tidak membolehkan penginstalan PHP, script CGI tanpa izin. Andai saja blog / situs web yang hendak di Host membutuhkan PHP atau script CGI, httaccess, Telnet, akses SSH, dan sebagainya, maka beberapa waktu dibutuhkan sebelum situs web bisa di Host di server.
  6. Email, Biasanya setiap layanan akan mengizinkan pembuatan email. Perhatikan juga ada tidaknya POP3 (supaya email bisa ditarik pakai Outlook atau aplikasi klien email lain, respons otomatis dan forwarding).
  7. Panel Kontrol, Panel Kontrol tempat mengontrol blog / situs web, seperti menambah atau menghapus file atau alamat email, serta mengubah pasword baiknya tersedia. Jangan sampai untuk menambah dan menghapus file, yang sepertinya sering dilakukan harus melalui petugas teknis.
  8. Sub Domain, Andai blog / situs web akan memiliki Sub Domain, maka pastikan pemberi layanan web hosting memberikan fitur ini.
  9. Server, Sistem operasi yang digunakan web server juga harus diperhatikan. Andai saja situs yang di Host dibangun menggunakan ASP, mau tak mau web server bersistem operasi windows lah yang dipilih. Pilihan lain adalah server yang memakai sistem operasi Linux dan Unix.
source : belajar ngeblog
Bookmark and Share

1 komentar:

    Memang banyak pertimbangan matang sebelum memilih hosting dan domain yang benar-benar menunjang yang murah tapi berkualitas.

     

Post a Comment