Pemenang Pemilu 2009

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 - Pemilu 2009 Merupakan Kemenangan Bersama, siapapun pemenang Pemilu Indonesia 2009 harus kita terima dengan sikap legawa, Kalah dan menang dalam berdemokrasi sudah menjadi hal biasa, dan harus terjadi. Sehingga kekalahan partai politik dalam pesta demokrasi 2009 ini harus disikapi dengan legowo, menerima dengan lapang dada, dan bersama-sama membangun bangsa ke depan. Rakyatlah yang menetukan menang tidaknya suatu partai dalam alam demokrasi.
Tradisi “gentlemen” dalam berpolitik memang harus dibudayakan di Indonesia. Pengakuan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Partai Golkar terhadap keunggulan Partai Demokrat dalam perhitungan cepat atau quick count sejumlah lembaga survei patut diacungi jempol. Artinya sportivitas dalam bersaing para politikus sudah dewasa dan mengakui kemenangan lawan mejadi hal menarik dalam budaya politik di Indonesia.

Saya berharap para tokoh partai lain bisa mengikuti jejak Wapres Jusuf Kalla yang juga selaku Ketua Umum Partai Golkar, dengan jantan mengakui kemenangan partai Demokrat di Pemilu 2009. Budaya politik yang baik ini akan menjadi modal pembangunan demokrasi di Indonesia. Sehingga tidak terjadi kekerasan politik, karena para elit politik mampu meredam emosi akar rumput.

Memang diakui juga dalam penyelenggaraan pemilu 2009 ini masih banyaki kekurangan. Namun semua itu merupakan dinamika demokrasi, bila melanggar aturan sebaiknya selesaikan melalui jalur hukum. Jangan main hakim sendiri, karena negeri Indonesia merupakan negara hukum, menjunjung tinggi supremasi hukum.
Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment