SEA Games

SEA Games, Tim nasional judo yang diturunkan di SEA Games XXVI/2011 akan beranggotakan mayoritas judoka belia. Mereka akan dipadukan dengan sejumlah atlet senior dengan meraih target juara umum pada multieven antarbangsa Asia Tenggara itu. Mereka beranggotakan 32 orang yang terdiri dari 18 judoka pria dan 14 wanita. Sejak Februari lalu, mereka digembleng di pelatnas judo yang dilangsungkan di Ciloto, Puncak, Kabupaten Bogor.

SEA Games
- "Saat ini, 80 persen judoka yang disiapkan untuk SEA Games berumur 15-20 tahun. Tujuan kami menyiapkan atlet muda adalah untuk regenerasi," ungkap Ferry Pantouw, wakil manajer tim nasional judo saat ditemui di Kantor KONI, kemarin (11/10). Mantan atlet judo nasional itu mengakui, memang kekuatan para judoka tersebut di atas kertas masih ada di bawah Thailand dan Vietnam.

Tapi, jalan itu harus ditempuh demi masa depan prestasi judo Indonesia. Karena, pembinaan tidak bisa instan. Kendati demikian, Ferry menyatakan, PB PJSI telah menyiapkan sejumlah langkah agar tim yang sebagian besar diisi darah muda itu mampu tampil kompetitif di SEA Games. Selain melakukan pelatnas jangka panjang, pihaknya juga telah mendatangkan Yang Ji-hoon, pelatih asal Korea Selatan (Korsel).

Tak hanya itu, otoritas olahraga judo di Indonesia itu juga sudah merencanakan sejumlah program bagi para judoka tersebut. Pada 17 Oktober nanti sampai Desember mendatang, sebagian dari mereka, sepuluh judoka pria, dan delapan wanita akan dikirim ke Korsel untuk mengikuti training center (TC). Dana menjadi alasan kami tidak memberangkatkan semua judoka.

Lalu, pada Desember juga akan dilangsungkan Kejurnas Judo Senior di Surabaya. "Hasil kejurnas itulah yang akan dijadikan patokan untuk melakukan promdeg (promosi degradasi)," paparnya. Berikutnya, Januari-Maret 2011 TC kedua digelar di Korsel atau Tiongkok. Tim inti yang beranggotakan delapan judoka pria dan delapan wanita akan dipilih setelah Kejuaraan Judo Asia Tenggara, Mei 2011.

Tim inti inilah yang akan diberangkatkan TC tahap ketiga, Juni-September tahun depan. Sementara itu, posisi mengenai posisi Krisna Bayu, judoka pria terbaik yang masih dalam taraf pemulihan cedera otot belakang lutut, Ferry menyerahkan sepenuhnya kepada Bayu sendiri. "Kalau Bayu siap turun, dia pasti akan masuk pelatnas.


Dia masih kami andalkan mendapat emas," ucapnya. Di sisi lain, Krisna Bayu, judoka peraih satu-satunya emas di SEA Games XXV/2009 Laos, menegaskan niatnya untuk terus membela Merah-Putih di SEA Games tahun depan. "Kondisi saya terus membaik, dan saya akan kembali tampil di SEA Games Indonesia," paparnya.(nar/jpnn)
Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment